Survey Kepuasan Masyarakat

Website Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk  atas  barang,  jasa, dan/atau pelayanan administratif  yang  disediakan  oleh penyelenggara pelayanan publik.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan tersebut, jika tidak ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan memiliki fungsi pelayanan publik, dimana setiap saat selalu dituntut untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu dengan melakukan Survey Kepuasaan Pelanggan.

A.   Tujuan

1.   Mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan.

2.   Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

3.   Menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

B.   Sasaran

1.   Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan.

2.   Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

3.   Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

4.   Mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan public

C.   Manfaat

Dengan tersedianya data IKM secara periodik, dapat diperoleh manfaat sebagai berikut:

1.   Mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan publik

2.   Mengetahui tingkat kinerja pelayanan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten;

3.   Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan atas hasil Survei Kepuasan Masyarakat;

4.   Mengetahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan

5.   Bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan

Berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat tahun 2021, KKP Kelas II Banten memperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 89,44 dengan predikat A (Sangat Baik)